Cara menetralkan rem kopling memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Bagi para pengendara motor yang sudah lama menggunakan jenis kopling manual tentu tidak terasa sulit. Tentu mereka sudah terbiasa dengan langkah-langkah menggunakan kendaraan dengan rem motor kopling.

Tetapi hal ini berbeda apabila bagi para pemula yang situs slot deposit 10 ribu belum terlalu mahir mengendarai jenis kopling manual. Mereka bisa saja kesulitan ketika akan menuju gigi netral. Bahkan tidak jarang jika ingin menuju bikin netral malah menuju ke gigi 2.

Cara Menetralkan Rem Kopling untuk Para Pemula

Mengendarai motor kopling guide dengan non kopling tentu berbeda. Perbedaan mencolok yaitu terlihat pada pemindahan gigi untuk mengatur kecepatan laju kendaraan.

Melakukan perpindahan gigi dengan langkah yang tepat bisa mendukung umur kopling bertahan lebih lama. Selain itu juga bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Apabila salah dalam menuju ke gigi netral, tentu akan mengancam keselamatan para pengendara. Maka dari itu, pastikan bahwa menggunakan langkah yang tepat untuk menuju ke gigi nol atau netral. Jangan sampai salah karena bisa menimbulkan bahaya terhadap para pengendara.

Jenis Gigi Motor Kopling

Bagi para pemula yang belajar mengendarai kendaraan jenis kopling guide wajib mengetahui beberapa pengaturannya. Pengaturan gigi motor kopling guide dan biasa tentulah berbeda. Hal ini juga menimbulkan perbedaan tentang cara berkendara. Pada pengaturan pedal rem kopling guide terdapat mekanisme rotary N-1-2-three-four-five atau 1-N-2-three-4-five.

Dalam mekanisme rotary untuk menetralkan gigi memang mudah, karena hanya perlu menekan tuas kopling ke depan untuk naik gigi serta menekan ke belakang untuk turun gigi. Tetapi untuk mekanisme 1-N-2-3-4-five lebih sulit daripada mekanisme rotary.

Apabila akan naik ke gigi 1 harus menekan tuas ke bagian depan. Sedangkan gigi 2 sampai five harus menekannya ke bagian belakang.

Langkah Menetralkan Motor Kopling

Melakukan cara menetralkan rem kopling dengan tepat bisa membantu para pengendara menempuh perjalanan yang aman. Berikut ini merupakan beberapa langkah untuk menetralkan kendaraan jenis kopling:

  • Langkah pertama pastikan motor pada posisi diam atau mesin tidak menyala. Para pemilik bisa meletakkan kendaraan pada permukaan datar dan aman.
  • Kemudian pastikan rem tangan telah ditekan, lalu putar kunci kontak pada posisi on.
  • Setelah itu jangan menghidupkan mesin terlebih dahulu lalu tekan tuas kopling sepenuhnya.
  • Selanjutnya geser tuas gigi ke posisi netral lalu putar gasoline secara perlahan. Hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui apakah tuas berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tuas kopling bekerja dengan baik maka perputaran mesin tetap rata.
  • Tetapi apabila tuas tidak berfungsi dengan baik maka kendaraan akan bergerak atau mati mesin.
  • Jika hal ini terjadi pemilik bisa memeriksa apakah tuas sudah benar tertekan atau tidak.
  • Apabila tuas kopling berfungsi dengan baik, tekan tuas tersebut dan geser ke posisi 1.
  • Agar bisa berjalan, lepaskan tuas secara perlahan sambil menambahkan sedikit fuel. Pastikan bahwa motor sudah bergerak dan berjalan mulus.
  • Kemudian apabila motor telah bergerak maka sebaiknya naikkan tuas kopling secara perlahan dan penuh untuk menghindari tekanan.
  • Selanjutnya ulangi proses tersebut beberapa kali untuk memastikan gigi bekerja dengan baik.
  • Kendaraan dalam posisi netral maka akan menyala tanda N pada indikator. Selain itu, kendaraan tidak akan jalan apabila pengendara menarik tuas gasoline jika posisi netral.
  • Membutuhkan Ketepatan dan Kesabaran
  • Cara menetralkan rem kopling akan terasa sulit bagi para pemula. Maka dari itu perlu melakukan latihan yang sering agar terbiasa. Latihan menekan gigi untuk menuju ke netral lebih sering bisa membuat pengendara mudah menjalankannya.

Tidak berhasil untuk menuju pada posisi netral merupakan hal yang umum dialami banyak. Sehingga perlu kesabaran dan latihan cukup untuk menguasai teknik ini. Dengan begitu nantinya bisa mengendarai kendaraan di jalan raya dengan mahir. Apabila akan naik ke gigi 1 harus menekan tuas ke bagian depan. Sedangkan gigi 2 sampai five harus menekannya ke bagian belakang.